Sabtu, 25 Maret 2023

 

DESCRIPTIVE TEXT

 

Descriptive text adalah suatu teks dalam bahasa Inggris yang memiliki fungsi untuk menjelaskan, menggambarkan, atau mendeskripsikan sesuatu. Nah sesuatu ini bisa dalam bentuk apa saja  seperti; benda, binatang, tempat ataupun orang.

 

Struktur Descriptive Text

Lebih sederhana dibandingkan recount text atau narrative textdescriptive text hanya memiliki dua struktur ini:

  1. Identification
    Bagian ini adalah bagian pendahuluan. Penulis memberikan gambaran umum tentang topik yang akan dibicarakan atau memberikan perkenalan singkat tentang benda/orang yang akan mereka jelaskan di tulisannya.
  2. Description
    Dalam bagian ini, penulis sudah menyelam lebih jauh pada topik tulisannya. Penulis akan memberikan penjelasan sedetail mungkin tentang topik atau objek yang akan dibahas. Di bagian ini, jika penulis ingin menggambarkan ORANG, maka bisa saja penulis menunjukkan penampilannya, sifatnya, kebiasaannya, dan masih banyak lagi. Penulis akan membuat pembaca bisa memahami secara menyeluruh tentang orang yang ia maksud melalui tulisannya.

 

Contoh Descriptive Text tentang Orang (Guru)




(Identification)

I am proud of my English teacher. She is a great teacher. Her name is Mrs. Shinta. She is my favorite teacher. Mrs. Shinta studied in America and returned to Indonesia to be an English teacher. 

 

(Description about Physical Appearance)

Mrs. Shinta is a good looking person. She has sparkle eyes and pointed nose. She is very beautiful with her wavy black hair. Her body is slim. She is just a bit taller than I am. 

 

(Description about Personality)

She always smiles to us as we bump into each other in the hallway at school. She seemed very strict the first time I met her. However, we always have a lot of fun during her classes with her English jokes. She is skillful at teaching, friendly, patient, easygoing and has great sense of humor. During my study, Mrs. Shinta always inspires her students. Whenever we are bored by the lesson, she sometimes tells jokes that make all of the students laugh. Her jokes always excite us. I hope that she will continue teaching us until graduation.

 

Artinya

(Pengenalan?Identifikasi)

Saya bangga dengan guru bahasa Inggris saya. Dia adalah guru yang hebat. Namanya Ibu Shinta. Dia adalah guru favorit saya. Bu Shinta belajar di Amerika dan kembali ke Indonesia untuk menjadi guru bahasa Inggris.

 

(Deskripsi tentang penampilan fisik)

Bu Shinta adalah orang yang cantik. Dia memiliki mata berkilau dan hidung runcing. Dia sangat cantik dengan rambut hitam bergelombangnya. Tubuhnya ramping. Dia hanya sedikit lebih tinggi dari saya.

 

(Deskripsi tentang kepribadian)

Dia selalu tersenyum kepada kami saat kami bertemu satu sama lain di lorong sekolah. Dia tampak sangat ketat saat pertama kali aku bertemu dengannya. Namun, kami selalu bersenang-senang selama pembelajaran bersamanya dengan lelucon bahasa Inggrisnya. Dia terampil dalam mengajar, ramah, sabar, santai dan memiliki selera humor yang tinggi. Selama saya belajar, Bu Shinta selalu menginspirasi murid-muridnya. Setiap kali kami bosan dengan pelajaran, dia terkadang menceritakan lelucon yang membuat semua siswa tertawa. Leluconnya selalu menggairahkan kami. Saya berharap dia akan terus mengajar kami sampai lulus..

 

Ciri-ciri Descriptive Text

Umumnya, sebuah descriptive text memiliki ciri-ciri ini:

  1. Cenderung menggunakan kalimat nominal, banyak menggunakan to be, seperti is, am, dan are.
  2. Menggunakan tense yang sederhana agar poin bisa disampaikan dengan lebih jelas dan tidak menimbulkan ambiguitas.
  3. Hanya fokus pada satu objek. Sebuah descriptive text sebaiknya hanya fokus dalam satu objek, karena jika penulis ingin menceritakan lebih dari satu objek, yang dikhawatirkan adalah para pembaca bisa menjadi bingung objek mana yang sedang dideskripsikan.

 

Unsur-unsur Descriptive Text

Sebuah descriptive text, tidak akan lengkap tanpa adanya unsur-unsur ini, di antaranya adalah:

  1. Noun
    Descriptive text akan menyebutkan suatu noun atau kata benda dengan spesifik, karena penulis ingin para pembacanya bisa membayangkan atau mengimajinasikan benda yang ingin dibicarakan, seperti contohnya adalah my rabbit, my computer, the monument near my house, my uncle, my best friend, a lady who lives near my school, dan masih banyak lagi.
  2. Simple Present Tense
    Descriptive text menggunakan simple present tense atau verb 1 dalam penulisannya. Selain itu, kalian juga bisa menemukan banyak possessive adjective, seperti my, your, his, her, dan lainnya agar pembaca bisa memahami kepemilikan dari benda yang sedang diceritakan.
  3. Adjective & Figurative Language
    Untuk memperindah dan memperjelas penulisan, biasanya di dalam descriptive text kalian bisa menemukan beberapa kata sifat (Adjective), misalnya kata "beautiful" untuk memperjelas pengertian suatu benda. Dan juga banyak  kalimat kiasan agar pembaca bisa memahami lebih dalam, seperti contohnya: She is as beautiful as a princess. Dalam kalimat tersebut, ada figurative language simile, di mana penulis ingin menjelaskan bahwa perempuan yang ia lihat itu sangat cantik, seperti layaknya seorang tuan putri.

 

Tidak ada komentar:

  ARSIP SOAL ASESMEN BAHASA INGGRIS SMP KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2022/2023 Dalam Kurikulum Merdeka , istilah penilaian lebih dikenal dengan i...