Senin, 20 Februari 2023

Jurnal Dwi Mingguan 2 Calon Guru Penggerak

 

JURNAL DWIMINGGUAN 2

 

 

JAFAR SARIFUDIN

SMP NEGERI 1 GANDRUNGMANGU

CGP A 7 Kabupaten Cilacap

 

 

Minggu ini adalah minggu ketiga saya mengikuti pendidikan CGP. Pada minggu ini saya mulai menemukan semangat untuk menatap perjalanan panjang kedepan menghadapi poses pendidikan calon guru penggerak. Pada minggu ini saya mulai belajar tentang Modul 1.2. Dimodul ini saya diperkenalkan dengan konsep nilai nilai guru penggerak dan peran guru penggerak dan penerapannya dalam ekosistem pendidikan. Berikut hal yang saya temukan dalam memahami konsep Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak;

Nilai Nilai Guru Penggerak

  1. Mandiri

Tidak bergantung pada pihak lain, mampu menyelesaikan tugas dengan baik.

  1. Reflektif

Melakukan refleksi terhadap praktik mengajar, mengevaluasi kelebihan dan kekurangan dalam mengajar, dan meminta umpan balik dari guru dan murid.

  1. Kolaboratif

Mampubekerja sama dengan siapa saja dan kapan saja.

  1. Inovatif

Mempunyai ide ide baru dan merealisasikannya dalam pembelajaran.

  1. Berpihak Pada Murid

Segala daya dan upayanya dilakukan untuk kepentingan da kemajuan murid.

 

Peran Guru Penggerak

ü  Menjadi Pemimpin pembelajaran

ü  Menjadi coach bagi guru lain

ü  Mendorong kolaborasi

ü  Mewujudkan kepemimpinan murid

ü  Menggerakkan komunitas praktisi

Setelah memahami konsep tersebut saya mecoba berefleksi tentang apa yang sudah saya jalani sebagai seorang pendidik kemudian mengaitkannya dengan nilai nilai dan peran guru yang ada. Saya merasa memang ada sebagian nilai dan peran guru penggerak yang sudah saya jalani secara nyata dalam aktifitas sehari hari sebagai seorang pendidik. Namun saya juga menemukan pada diri saya, nilai dan peran guru penggerak yang saya juga masih perlu kembangkan lagi.

 

Minggu selanjutnya juga saya belajar secara kolaboratif bersama teman teman CGP dalam sebuah ruang virtual difasiltasi oleh seorang pengampu yang sabar dan pengajar praktik yang selalu memberikan semangat. Dalam kolaborasi itu saya dan teman teman CGP mencoba berbagi pengalaman  tentang apa yang sudah dijalani secara nyata sebagai seorang penddik, yang sesuai dengan nilai nilai dan peran guru penggerak. Saya dan teman teman CGP saling bercerita tentang apa saja aktifitas kami sehari hari di sekolah maupun di komunitas pendidikan yang erat kaitannya dengan masing masing nilai dan peran guru penggerak.  Pada sesi ini saya menceritakan pengalaman saya berefleksi bersama rekan rekan guru dan murid dalam beberapa waktu terakhir. Kemudian saya juga mencoba menyampaikan pengalaman kegiatan pembelajaran daring bersama murid di masa pandemi, dimana dalam situasi yang serba terbatas saya tetap melayani pembelajaran melalui aplikasi zoom atau gmeet sesuai dengan nilai mandiri guru penggerak. Kemudian saya juga membagikan pengalaman saya mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, workshop, bimtek maupun seminar untuk pengembangan diri yang selanjutnya saya imbaskan pada rekan sejawat dan komunitas guru sebagai bentuk implementasi nilai kolaboratif guru penggerak.

 

Pada minggu ini juga saya melakukan presentasi virtual  untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok kecil saya di depan kelas. Ini adalah untuk kedua kalinya saya mendapatkan peran sebagai penyaji materi dalam kegiatan presentasi kelompok sehingga saya merasa lebih rileks dan siap. Presentasi kelompok kami menampilkan pengalaman menerapkan nilai dan peran guru penggerak yang sudah dijalani setiap anggota kelompok. Saya juga bagikan dokumentasi kegiatan saya dalam bentuk foto dan video. Selanjutnya dalam presentasi tersebut kelompok kami mendapatkan tanggapan dari kelompok kami yang secara umum menyatakan hasil presentasi kami sangat baik karena isinya jelas dan lengkap. Kemudian kelompok kami juga mendapatkan beberapa pertayaan diantaranya sebagai berikut:

1.       Apa hal baru yang baik dan berdampak yang kami pernah hasilkan sebagai implementasi nilai inovatif guru penggerak?

2.       Bagai mana strategi mendorong partisipasi komunitas guru dalam pelatihan mandiri pada Portal Merdeka Mengajar (PMM)

Kemudian untuk menjawab pertanyaan tersebut kami sampaikan bahwa hal baru yang baik dan berdampak yang dihasilkan adalah berupa media pembelajaran dan ice breaking yang dibuat  sendiri.Selanjutnya strategi untuk mendorong partisipasi guru di PMM adalah dengan sosialisasi adanya prog pelatihan mandiri di PMM, motivasi melalui KS dan komite, dan assistensi teknis untuk penyelesaian aksi nyata melalui. Alhamdulillah jawaban tersebut cukup memuaskan penanya.

 

Pada bagian akhir dari modul ini saya dan teman teman dalam kelompok mencoba berefleski tentang nilai penggerak yang sangat kuat melekat pada seorang teman dalam kelompok, dimana nilai dan peran tersebut masih perlu saya kembangkan karena sangat penting untuk mendukung peningkatan pelayanan pembelajaran murid.  Dengan demikian kami bisa saling belajar untuk mengembangkan nilai dan peran guru penggerak yang masih kurang pada diri masing masing. Selanjutnya kami membuat surat apresiasi dan terima kasih untuk seorang rekan yang dianggap menginspirasi tersebut

 

Hal yang unik terjadi adalah ketika saya melihat salah satu peran guru penggerak yang sangat kuat pada seorang rekan, ternyata rekan yang sama tersebut menemukan satu peran guru penggerak yang kuat lainnya pada diri saya. Ternyata kegiatann berefleksi pun bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan


Tidak ada komentar:

  ARSIP SOAL ASESMEN BAHASA INGGRIS SMP KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2022/2023 Dalam Kurikulum Merdeka , istilah penilaian lebih dikenal dengan i...