JURNAL DWIMINGGUAN 2
JAFAR
SARIFUDIN
SMP NEGERI 1 GANDRUNGMANGU
CGP A 7 Kabupaten Cilacap
Minggu ini adalah minggu ketiga saya mengikuti pendidikan
CGP. Pada minggu ini saya mulai menemukan semangat untuk menatap perjalanan
panjang kedepan menghadapi poses pendidikan calon guru penggerak. Pada minggu
ini saya mulai belajar tentang Modul 1.2. Dimodul ini saya diperkenalkan dengan
konsep nilai nilai guru penggerak dan peran guru penggerak dan penerapannya
dalam ekosistem pendidikan. Berikut hal yang saya temukan dalam memahami konsep
Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak;
Nilai
Nilai Guru Penggerak
- Mandiri
Tidak
bergantung pada pihak lain, mampu menyelesaikan tugas dengan baik.
- Reflektif
Melakukan
refleksi terhadap praktik mengajar, mengevaluasi kelebihan dan kekurangan dalam
mengajar, dan meminta umpan balik dari guru dan murid.
- Kolaboratif
Mampubekerja
sama dengan siapa saja dan kapan saja.
- Inovatif
Mempunyai
ide ide baru dan merealisasikannya dalam pembelajaran.
- Berpihak
Pada Murid
Segala
daya dan upayanya dilakukan untuk kepentingan da kemajuan murid.
Peran
Guru Penggerak
ü
Menjadi Pemimpin pembelajaran
ü
Menjadi coach bagi guru lain
ü
Mendorong kolaborasi
ü
Mewujudkan kepemimpinan murid
ü
Menggerakkan komunitas praktisi
Setelah memahami konsep tersebut saya mecoba
berefleksi tentang apa yang sudah saya jalani sebagai seorang pendidik kemudian
mengaitkannya dengan nilai nilai dan peran guru yang ada. Saya merasa memang ada
sebagian nilai dan peran guru penggerak yang sudah saya jalani secara nyata
dalam aktifitas sehari hari sebagai seorang pendidik. Namun saya juga menemukan
pada diri saya, nilai dan peran guru penggerak yang saya juga masih perlu
kembangkan lagi.
Minggu selanjutnya juga saya belajar secara
kolaboratif bersama teman teman CGP dalam sebuah ruang virtual difasiltasi oleh
seorang pengampu yang sabar dan pengajar praktik yang selalu memberikan
semangat. Dalam kolaborasi itu saya dan teman teman CGP mencoba berbagi
pengalaman tentang apa yang sudah
dijalani secara nyata sebagai seorang penddik, yang sesuai dengan nilai nilai
dan peran guru penggerak. Saya dan teman teman CGP saling bercerita tentang apa
saja aktifitas kami sehari hari di sekolah maupun di komunitas pendidikan yang
erat kaitannya dengan masing masing nilai dan peran guru penggerak. Pada sesi ini saya menceritakan pengalaman
saya berefleksi bersama rekan rekan guru dan murid dalam beberapa waktu
terakhir. Kemudian saya juga mencoba menyampaikan pengalaman kegiatan
pembelajaran daring bersama murid di masa pandemi, dimana dalam situasi yang
serba terbatas saya tetap melayani pembelajaran melalui aplikasi zoom atau
gmeet sesuai dengan nilai mandiri guru penggerak. Kemudian saya juga membagikan
pengalaman saya mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, workshop, bimtek maupun
seminar untuk pengembangan diri yang selanjutnya saya imbaskan pada rekan
sejawat dan komunitas guru sebagai bentuk implementasi nilai kolaboratif guru
penggerak.
Pada minggu ini juga saya melakukan presentasi
virtual untuk menyampaikan hasil diskusi
kelompok kecil saya di depan kelas. Ini adalah untuk kedua kalinya saya
mendapatkan peran sebagai penyaji materi dalam kegiatan presentasi kelompok
sehingga saya merasa lebih rileks dan siap. Presentasi kelompok kami
menampilkan pengalaman menerapkan nilai dan peran guru penggerak yang sudah
dijalani setiap anggota kelompok. Saya juga bagikan dokumentasi kegiatan saya
dalam bentuk foto dan video. Selanjutnya dalam presentasi tersebut kelompok
kami mendapatkan tanggapan dari kelompok kami yang secara umum menyatakan hasil
presentasi kami sangat baik karena isinya jelas dan lengkap. Kemudian kelompok
kami juga mendapatkan beberapa pertayaan diantaranya sebagai berikut:
1.
Apa hal baru yang baik dan berdampak yang kami
pernah hasilkan sebagai implementasi nilai inovatif guru penggerak?
2.
Bagai mana strategi mendorong partisipasi
komunitas guru dalam pelatihan mandiri pada Portal Merdeka Mengajar (PMM)
Kemudian untuk menjawab pertanyaan tersebut kami
sampaikan bahwa hal baru yang baik dan berdampak yang dihasilkan adalah berupa
media pembelajaran dan ice breaking yang dibuat
sendiri.Selanjutnya strategi untuk mendorong partisipasi guru di PMM
adalah dengan sosialisasi adanya prog pelatihan mandiri di PMM, motivasi
melalui KS dan komite, dan assistensi teknis untuk penyelesaian aksi nyata
melalui. Alhamdulillah jawaban tersebut cukup memuaskan penanya.
Pada bagian akhir dari modul ini saya dan teman teman
dalam kelompok mencoba berefleski tentang nilai penggerak yang sangat kuat
melekat pada seorang teman dalam kelompok, dimana nilai dan peran tersebut
masih perlu saya kembangkan karena sangat penting untuk mendukung peningkatan
pelayanan pembelajaran murid. Dengan
demikian kami bisa saling belajar untuk mengembangkan nilai dan peran guru
penggerak yang masih kurang pada diri masing masing. Selanjutnya kami membuat
surat apresiasi dan terima kasih untuk seorang rekan yang dianggap
menginspirasi tersebut
Hal yang unik terjadi adalah ketika saya melihat
salah satu peran guru penggerak yang sangat kuat pada seorang rekan, ternyata
rekan yang sama tersebut menemukan satu peran guru penggerak yang kuat lainnya
pada diri saya. Ternyata kegiatann berefleksi pun bisa menjadi sesuatu yang
menyenangkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar